Langsung ke konten utama

Definisi Penyakit Hipertensi dan Pencegahannya

Tekanan darah tinggi yaitu suatu kondisi umum di mana kekuatan jangka panjang dari  darah menekan dinding pembuluh darah/nadi yang cukup tinggi yang memungkinkan secepatnya menyebabkan permasalahan kesehatan, seperti penyakit jantung. Tekanan darah ditentukan oleh dual hal yaitu jumlah darah yang dipompakan jantung dan jumlah hambatan yang dialami oleh aliran darah dalam pembuluh darah/arteri. Semakin banyak darah yang dipompakan dan semakin sempit pembuluh darah oleh karena adanya hambatan maka akan menyebabkan semakin tingginya tekanan darah (blood pressure) terhadap dinding pembuluh darah.

Anda bisa jadi mengalami hypertensi sudah bertahun tahun tanpa mengetahuinya. Anda bahkan tidak merasakan gejalnya sehingga ketika tekanan darah tidak terkontrol yang disebabkan oleh suatu situasi, tiba tiba terjadi serangan jantung atau stroke.

Gejala gejala yang muncul pada penderita tekanan darah tinggi yaitu sering mengalai sakit kepala dan nafas yang pendek. Namun tanda tanda ini tidak terlalu jelas sebelum adanya kondisi yang memicu munculnya gejala ini antara lain stress. Beberapa penyebab tekanan darah tinggi antara lain Obstructive sleep abnea atau susah tidur, adanya masalah pada ginjal, permasalahan  pada kelenjar thyroid, adanya cacat pada pembuluh darah bawaan seja lahir, pemakaian obat obatan tertentu seperti pil pengontrol kelahiran, obat demam sakit kepala, decongestan, pemakaian obat obat terlarang seperti cocain, amphetamine, dan alcohol dosis tinggi.

Ketika tekanan darah meningkat tinggi bias menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Akibatnya akan terjadi serangan jantung atau stroke, aneurysm atau pelemahan pembuluh darah, gagal jantung yaitu kesulitan jantung untuk memompakan darah keseluruh tubuh.

Penyempitan pembuluh darah pada ginjal yang menyebabkan ginjal tidak beroperasi secara normal. Selain itu bisa menyebabkan syndrome pada metabolism didalam tubuh. Selain itu tekanan darah tinggi dapat juga menyebabkan penderita mengalami kesulitan mengingat dan berfikir.
Adapun tekan darah normal yaitu 120/180 mmHg. Untuk mengetahui berapa tekanan darah anda dapat dating ke klinik atau dokter praktek. Namun anda bisa melakukannya sendiri dengan membeli alat ukur tekanan darah portable yang mudah digunakan dan dapat digunaka sendiri tanpa bantuan orang lain.  Jika tekanan darah anda antara 120-129/80-89 mmHg, maka itu artinya anda pada posisi pre-hypertensi. Tekanan darah 140-159/90-99 mmHg disebut hypertensi stadium 1, dan diatas itu menjadi hypertensi stadium 2.

Jika anda mengidap tekanan darah tinggi maka langkah yang sebaiknya anda ambil yaitu mengubah pola hidup. Pola makan teratur, makan makan sehat dan bergizi, mengurangi konsumsi garam. Jika anda berukuran jumbo alias gemuk sebaiknya mulailah diet untuk mengurangi berat badan, anda dapat juga mengurangi berat badan denga meningkatkan aktivitas fisik atau berolahraga. Hindari minuman mengandung alcohol, jangan rokok. Dan terakhir untuk mengurangi stress salah satunya bisa dilakukakan dengan berlibur bersama keluarga, mengunjungi tempat wisata alam memiliki efek yang sangat baik untuk mengurangi tingkat stress.